Herman Cahyadi Raih Gelar Doktor dengan Penelitian tentang Strategi Meningkatkan Keterlibatan Karyawan di Startup Gojek

Herman Cahyadi resmi meraih gelar doktor dari Program Studi Doktor Ilmu Manajemen (DIM), Program Pascasarjana, Universitas Tarumanagara (Untar), setelah sukses mempertahankan disertasinya dalam Ujian Terbuka pada Rabu (22/01/2025). Ujian tersebut dipimpin oleh Rektor Untar, Prof. Dr. Amad Sudiro, S.H., M.H., M.Kn., M.M., dengan Tim Penguji yang terdiri dari Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., IPU., A.E. selaku Ketua Sidang, serta Promotor Utama Prof. Dr. Haris Maupa, S.E., M.Si., dan Promotor Pendamping Dr. Sarwo Edy Handoyo, S.E., M.M., CIFM, GRC-E.

Disertasi yang dibuat oleh Herman berjudul “Pengaruh Entrepreneurial Orientation dan Personality Traits terhadap Work Engagement melalui Person-Environment Fit yang Dimoderasi oleh Job Satisfaction pada Karyawan Startup Gojek Indonesia”. Dalam Ujian Terbuka yang berlangsung di Auditorium Kampus I Untar, ia berhasil mempertahankan penelitiannya dengan predikat “Sangat Memuaskan”.

Dr. Herman Cahyadi bersama Tim Penguji

Bekerja sebagai Head of People & Culture dan Head of HR Operation pada perusahaan Gojek, Herman meneliti dan membahas tiga pilar utama layanan Gojek: Mobilitas, Makan & Belanja, serta Logistik. Hasilnya menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan (entrepreneurial orientation) dan sifat kepribadian karyawan (personality traits) secara signifikan memengaruhi person-environment fit, yang pada akhirnya berdampak pada keterlibatan kerja (work engagement). Namun, penelitian ini menemukan bahwa kepuasan kerja (job satisfaction) tidak memoderasi hubungan antara person-environment fit dan work engagement.

Dalam sambutannya setelah Ujian Terbuka, Herman yang menjadi lulusan Program Studi Doktor Ilmu Manajemen Program Pascasarjana Untar ke-16, mengungkapkan rasa syukurnya. “Menjadi doktor di Untar mungkin bukan tujuan awal saya, tetapi kesuksesan datang melalui usaha dan konsistensi,” ujarnya. Temuan disertasi ini memberikan masukan penting bagi Gojek untuk menciptakan lingkungan kerja yang lebih selaras dengan karakteristik karyawan, sehingga dapat meningkatkan keterlibatan kerja mereka. Hal ini diharapkan berujung pada peningkatan kualitas layanan yang dirasakan pelanggan Gojek.

Berita Terbaru

Agenda Mendatang

27

November

Pilkada

28-30

November

Seminar Hasil Penelitian

MM Untar

25

Desember

Natal 2024

1

Januari

Tahun Baru 2025

29

Januari

Tahun Baru Imlek 2576 Kongzili